top of page
Search

Mengenal Jerawat yang Biasa Terjadi Setelah Perawatan

Banyak orang mengenalnya sebagai mililea, namun nama jerawat yang suka timbul di kulit setelah perawatan adalah Foliculitis. Foliculitis sendiri disebabkan oleh iritasi bakteri atau adanya penumpukan kulit mati pada pori pori kulit yang tidak dapat keluar, sehingga terjadi iritasi , inflamasi dan terkadang rasa gatal.


Selain karena bakteri, Foliculitis juga dapat terjadi akibat ingrown hair, atau bulu yang tidak berhasil tumbuh keluar kulit dan berada di lapisan kulit bawah. sehingga rasa gatal juga menyertai inflamasi. Namun disarankan untuk tidak meletuskan bump yang terjadi atau menggaruknya, karena Foliculitis cenderung sembuh dengan sendirinya. Jika Foliculitis yang terjadi karena adanya ingrown hair, maka bisa langsung di kompres dengan air hangat selama 5 menit. Tetapi Foliculitis terjadi tanpa ada ingrown hair, maka dapat langsung di kompres dengan air suhu dingin dengan antiseptic selama 20-30 menit.


Mengapa sering terjadi setelah perawatan waxing?


Percaya atau tidak, Foliculitis banyak terjadi akibat kurangnya perawatan sebelum atau setelah waxing nyatanya. Foliculitis sering dialami pada newbie atau penikmat waxing pertama kali. Hal ini terjadi karena masih kurangnya pengetahuan mengenai perawatan pre dan post treatment. Salah satunya adanya melakukan exfoliate 3 hari sebelum waxing, menggunakan pakaian tidak ketat, dan menjaga kelembaban kulit.


Selain untuk menghindari Foliculitis, exfoliate juga untuk menghindari terjadinya ingrown hair. Sedangkan untuk penggunaan pakaian yang tidak ketat, difungsikan agar meminimalisir terjadinya gesekan dan menghindari suhu panas yang tidak dapat keluar dari pakaian.


Bagaimana menghindari Foliculitis?


Vajacial secara rutin dapat menghindari Foliculitis, ingrown hair serta perubahan enzim melanin yang dapat menyebabkan hyperpigmentation. Perawatan Vajacial terdiri dari pembersihan (cleansing), pengangkatan kulit mati (exfoliate), ekstraksi untuk ingrown dan jerawat, aplikasi serum dan masker untuk menutup pori, dan set up untuk mengunci seluruh aplikasi produk serta rangkaian perawatan agar terserap kedalam kulit.


Untuk sederhananya, foliculitis sendiri juga dapat dihindari dengan melakukan exfoliate mandiri dirumah 3-4 hari sebelum jadwal perawatan waxing rutin, menjaga kelembaban kulit, serta menggunakan pakaian longgar saat perawatan waxing. Namun kebersihan saat melakukan waxing sendiri juga lebih baik dilakukan di tempat yang khusus melakukan waxing dan tidak tercampur dengan perawatan lain seperti cream bath, nail, atau eyelash agar tidak terjadi perpindahan bakteri yang dapat menyebabkan Foliculitis.

2 views0 comments
bottom of page